Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

330 tentara AS akan melakukan latihan terbesar dengan TNI AD

330 tentara AS akan melakukan latihan terbesar dengan TNI AD


MilitaryEzyInfo.com - Ratusan tentara AS telah tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang untuk program pelatihan bersama dengan pasukan Indonesia.

Ratusan Tentara AS Tiba di Indonesia Dengan Protokol Medis Ketat 330 Tentara AS tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang pada Sabtu (24 Juli 2021) untuk program pelatihan bersama dengan pasukan Indonesia.

Mulai 1-14 Agustus 2021, pasukan akan mengikuti latihan gabungan dengan pasukan Indonesia di tiga tempat latihan di Baturaja, Amborawang, dan Makalisung.

Brigjen Tatang Subarna, Kepala Badan Intelijen, menjelaskan latihan bersama itu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan prajurit TNI AD bekerjasama dengan pasukan AS dalam menjalankan misi tempur.

Latihan tersebut dikatakan sebagai yang terbesar dalam sejarah kerja sama antara tentara Indonesia dan AS. Latihan tersebut akan melibatkan 2.246 prajurit TNI Angkatan Daratdan 2.282 prajurit TNI Angkatan Darat, yang akan mendapatkan materi pelatihan untuk latihan personel, latihan lapangan, latihan peluru tajam, latihan medis, dan latihan udara.

Menurut Tatang, ribuan personel militer AS bersiaga. Lima pesawat akan digunakan di Bandara Palembang untuk kedatangan pasukan AS hingga 26 Maret.

Sedangkan di Makalisung dan Amborawang hanya akan menggunakan satu pesawat masing-masing pada tanggal 25.

Tatang memastikan, prosedur ketat Gugus Tugas COVID-19 akan diterapkan pada tindakan yang diterapkan pada tentara AS.

Selain itu, pemeriksaan kepabeanan dan keimigrasian akan dilakukan untuk memastikan keamanan dan ketertiban pada acara pelatihan bersama.