Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Diet Militer, Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Diet Militer, Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

MilitaryEzyInfo.com - Diet militer dikenal sebagai rencana diet ekstrim karena memungkinkan Anda untuk kehilangan belasan kilogram dalam sebulan.

Military diet efektif menurunkan berat badan

Konsep di balik diet militer adalah membatasi asupan kalori secara ketat. Sistem ini dapat diulang setiap minggu sampai berat yang diinginkan tercapai.

Ada keuntungan dan kerugian menggunakan diet militer ini karena metode ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat. Lebih lanjut, beberapa orang mengatakan bahwa diet ini efektif untuk menurunkan berat badan.

Sekilas tentang Diet Militer

Menurut Healthline, Diet Militer dapat menghasilkan penurunan berat badan sekitar 4 hingga 5 kg dalam seminggu. Diet Militer, juga dikenal sebagai diet tiga hari, dibagi menjadi dua fase untuk setiap minggu.

Fase pertama adalah tiga hari pertama dalam seminggu, di mana Anda secara ketat mengikuti diet sekitar 1100-1400 kalori per hari. Ini jauh di bawah rata-rata asupan orang dewasa.

Pada fase kedua, yaitu empat hari ke depan, Anda boleh makan apa saja asalkan ada batasan kalori 1.500 kkal per hari.

Secara teoritis, penurunan berat badan ini disebabkan oleh faktor defisit kalori. Ketika kalori dan karbohidrat dibatasi, glikogen tubuh habis, yang secara otomatis mengurangi jumlah air dalam tubuh.

Seberapa amankah diet militer?

Diet militer relatif aman asalkan tidak dilakukan dalam jangka waktu lama. Jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama, dikhawatirkan dapat menyebabkan kekurangan gizi pada tubuh, yang berujung pada masalah kesehatan lainnya.

Juga, terus-menerus mengikuti diet ketat tidak akan membantu Anda menurunkan berat badan. Sebaliknya, itu akan mengarah pada situasi "yo-yo" di mana Anda menurunkan berat badan dengan mudah dan mendapatkan kembali dengan cepat.

Menu Diet Militer

Menurut Pedoman Diet Militer, fase mingguan Diet Militer terdiri dari tiga hari makan sesuai rencana diet dan empat hari makan seperti biasa.

Fase ini dapat diulang sampai Anda mencapai penurunan berat badan yang Anda inginkan. Berikut ini adalah contoh rencana diet militer 3 hari.

Hari ke-1:

- Sarapan: ½ jeruk bali, 1 potong roti panggang, 2 sendok makan selai kacang, 1 cangkir kopi tanpa pemanis atau teh hijau.

- Makan siang: 1 potong roti panggang, 1 cangkir tuna kalengan (bisa diganti dengan tahu atau ayam tanpa lemak), 1 cangkir kopi atau teh hijau tanpa pemanis.

- Makan malam: 85 gram daging tanpa lemak (ayam, sapi, salmon, tuna, kalkun, dll.), 1 cangkir kacang matang, 1 pisang mentah, 1 apel kecil, 1 cangkir es krim vanila.

Hari ke-2:

- Sarapan: 1 telur rebus, 1 potong roti panggang, 1 pisang mentah

- Makan siang: 1 potong keju cheddar, 1 telur rebus, 5 kue

- Makan malam: 2 sosis panggang, 1 cangkir brokoli matang, 1 cangkir wortel matang, 1 potong pisang mentah, 1 cangkir es krim vanila.

Hari ke-3:

- Sarapan: 5 biskuit, setengah blok keju cheddar, 1 apel kecil

- Makan siang: 1 telur rebus, 1 potong roti panggang

- Makan malam: 1 cangkir tuna kaleng atau segar, setengah potong pisang mentah, 1 cangkir es krim vanila.

Diet militer ini dianggap sebagai diet penurunan berat badan yang bekerja cepat, tetapi diet ini tidak cocok untuk penurunan berat badan jangka panjang. 

Ada baiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengikuti diet militer, terutama jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu, untuk menghindari yang tidak perlu.